Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

The Miracle of Endorphine

Nama Pengarang : Dr Shigeo Haruyama, Penerbit : Mizanedia Utama, Peresensi : Asmaul Husna, S.Pd.

The Miracle of Endorphine

Spirit of Life  (The Miracle of Endorphine)

Sehat Mudah dan Praktis dengan Hormon Kebahagiaan

 

The Miracle of Endorphin (2015) menawarkan penyembuhan diri dengan cara yang efektif dan efisien dengan ditunjang penelitian dari berbagai sumber. Secara khusus, buku ini mengulas peranan hormon kebahagian (endorphin) terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Siapa penulis buku ini?

Dr. Shigeo Haruyama adalah dokter yang lahir di Kyoto tahun 1940. Setelah lulus dari studi Kedokteran di Universitas Tokyo, untuk beberapa lama beliau bekerja sebagai dokter bedah pada sebuah rumah sakit umum. Dr. Shigeo Haruyama juga sudah membuka klinik sendiri sejak tahun 1987. Di kliniknya, beliau menggabungkan ilmu kesehatan modern dengan tradisional. Uniknya, semua penyakit diatasinya nyaris tanpa obat.

Dalam perjalanannya menjadi seorang dokter, beliau menyimpulkan bahwa ada hal yang sangat penting yang merupakan buah rahasia itu yaitu hormon Endorphin.

Endorphin adalah jenis hormon dan senyawa kimia di tubuh untuk mengendalikan luka dan stres. Endorphin pun dikaitkan dengan rasa gembira di hati, sehingga masuk sebagai salah satu hormon kebahagiaan. Endorphin berasal dari kata “endogenous” yang artinya di dalam tubuh, serta “morphine” yang artinya pereda nyeri opioid. Sesuai dengan makna harfiahnya, Endorphin memang bertindak sebagai pereda nyeri alami di dalam tubuh. Senyawa ini dilepaskan tubuh sebagai respons saat kita mengalami sakit atau stres. Endorphin dilepaskan oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.

 

Hormon kebahagiaan memiliki banyak sifat menakjubkan

Kita hidup dalam dunia kerja yang sarat tekanan. Ketika kita teramat stres muncul hormon beracun dan jika dalam jumlah besar ia dapat mempersempit aliran darah ke jantung.

Hormon merupakan kurir yang bertugas mengantarkan informasi di otak. Ada sekitar 100 sampai 200 macam hormon yang telah dikenal. Salah satunya adalah endorphin atau hormon kebahagiaan. Saat endorphin dihasilkan tubuh, efek yang ditimbulkannya adalah peningkatan suasana hati, perlambatan proses penuaan dan penyembuhan diri.

Endorphin diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Hormone ini bertindak seperti morfin, bahkan dikatakan 200 kali lebih besar daripada morfin. Edorphin mampu menimbulkan perasaan senang, nyaman hingga membuat seseorang berenergi.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan atau melepaskannya?

Kuncinya ada di dalam pikiran. Jika kita bereaksi terhadap permasalahan dengan takut, stres dan penolakan, di dalam tubuh akan muncul hormon yang berbahaya, antara lain noradrenalin. Efek buruk dari hormon tersebut sangat bervariasi, mulai dari gangguan pada sistem pencernaan, kerusakan pada hati, ginjal, jantung, sampai dengan terjadinya stroke dan kanker. Sebaliknya, apabila respon Anda positif, bersabar dan penuh kesyukuran, tubuh akan memproduksi hormon kebahagian yang membuat Anda awet muda dan sehat.

Ada beberapa gejala yang dapat timbul jika tubuh tidak memproduksi Endorphin dengan cukup: depresi, gelisah, murung, timbulnya rasa sakit dan nyeri, sulit tidur, dan perilaku impulsive. Cara meningkatkan hormone endorphin secara alami antara lain: dengan berolahraga teratur, melakukan yoga dan meditasi, menghirup aromaterapi, mengonsumsi cokelat hitam, melakukan sesi pijat, berjemur di bawah sinar matahari.