Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

Muhammad Al Fatih (1432-1481M) Sang penakhluk yang Diramalkan

Pengarang : Dr. Ali Muhammad As-Shallabi, Penerbit : Aqwam Jembatan Ilmu, Peresensi : Siti Qoiriyah, S.Fil.I.

Muhammad Al Fatih (1432-1481M) Sang penakhluk yang Diramalkan

Penulis Dr. Ali Muhammad As Shallabi membagi ke dalam dua bagian pembahasan, Bagian pertama yakni pembahasan tentang berdirinya Daulah Utsmaniyah dan penaklukan-penaklukan yang diraih. Mengapa disebut Daulah Utsmaniyah karena dinisbatkan nama pendirinya yakni Utsman bin Ertugrul atau yang dikenal Utsman Gazi. Ibu kota pertama Daulah Utsmaniyah adalah Kota Bursa terletak di kawasan Kartal, bagian tepi Laut Marmara. Hampir 50% dari buku ini adalah pengantar yang mensejarahkan tentang nenek moyang Sultan Muhammad Al Fatih selama enam generasi yaitu; Sultan Utsman Gazi, Sultan Orhan bin Utsman 1327-1360M, Sultan Murad I 1360-1389M, Sultan Bayazid I 1389-1402 M, Sultan Muhammad I 1402-1421M, dan Sultan Murad II 1421-1452M.

        Sisa 50% dari buku ini adalah bagian kedua yakni pembahasan tentang Sultan Muhammad Al Fatih dan penaklukan Konstantinopel. Konstantinopel adalah negara adidaya saat itu, negaranya dikelilingi oleh tembok laut dan tembok darat. Tembok laut dibangun 1 lapis, saat ini tidak banyak yang ditemukan sisanya hanya tampak di daerah Amasya, dan tembok darat outer wall dibangun 1 lapis dan inner wall terdiri dari beberapa lapisan bangunan.

        Rasulullah Saw., telah memberikan kabar gembira tentang penaklukan Konstantinopel dalam beberapa kesempatan diantaranya ketika terjadi perang Khandaq atau ahzab. Tatkala rasulullah Saw. dan para sahabat sedang istirahat, ada seorang sahabat bertanya, "Ya rasulullah, kira-kira besok yang ditaklukkan yang mana ya rasulullah, Romawi Barat atau Romawi Timur (Konstantinopel)?", rasulullah Saw. menjawab "Madinatul Hirokla, tuftahu awwalan" (HR. Ahmad) artinya "kota Heraklius lebih dahulu (Konstantinopel)", mendengar ini para sahabat sangat senang luar biasa. Dan orang yahudi Madinah saat itu berkata: wajar saja muslim gila, ternyata pemimpinnya juga gila. Turunnya QS. Ar-Rum/30 : 1-5 dan dipertegas dengan Hadis Riwayat Ahmad bin Hanbal dalam kitab musnad iv/335, “Constantinople would fall into the hand of Islam of Islam, leader who conquer it, is the best of leaders and the troops under his commands is the best of troops. Oleh karenanya para khalifah kaum muslimin dan para panglima perang Islam termotivasi dan saling berlomba dalam kebaikan untuk menaklukkan Kostantinopel sepanjang sejarah yang berbeda-beda. Terjawablah kabar gembira yang disabdakan oleh rasulullah Saw., dia adalah Sultan Muhammad II generasi ketujuh dalam Daulah Utsmaniyah, beliau digelari Al Fatih (Sang Penakluk) dan Abu Al Khairat (Bapak Kebaikan). Sultan Muhammad II memiliki kepribadian yang komplit, sebuah kepribadian yang menggabungkan antara kekuatan dan keadilan. Pada akhir hayatnya Sultan Muhammad II berwasiat kepada putranya, diantaranya jadilah kamu seorang yang adil, solih dan penyayang, bentangkanglah perlindunganmu kepada rakyat dengan tanpa membeda-bedakan, bekerjalah untuk menyebarkan agama Islam, utamakan kepentingan agama atas kepentingan lain, jauhilah bid’ah-bid’ah yang merusak dan orang-orang yang mendorongmu melakukan kebid’ahan, jagalah harta baitul mal agar tidak disia-siakan, para ulama berkedudukan sebagai kekuatan yang tersebar di tubuh Negara, waspadalah-waspadalah janganlah kamu tergiur dengan harta dan tentara, janganlah kamu sekali-kali menjauhkan orang yang mengetahui syariat dari pintumu.

 

Kelebihan dari buku

Kelebihan dari buku ini adalah referensi penting terkait biografi Sultan Muhammad II, membahas sejarah panjang selama tujuh generasi secara singkat nan padat dan dilengkapi ilustrasi bergambar.

 

Kekurangan dari buku

Kekurangan dari buku ini adalah walaupun dilengkapi ilustrasi bergambar, tetapi gambar yang ditampilkan berwarna hitam putih sehingga terkesan monoton dan sulit untuk dibayangkan realnya.