Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

“Menebar Dakwah di hari Juma’t Berkah”

Program Pemberdayaan SiswA Menjadi khotib sholat jumat

“Menebar Dakwah di hari Juma’t Berkah”

SMA Al Hikmah terus berupaya untuk melakukan dakwah, terutama di kalangan masyarakat. Implementasinya dilakukan melalui peran serta aktif para siswa (kelas XII) SMA Al Hikmah Surabaya dalam bentuk menjadi imam dan khotib Sholat Jum’at di masjid-masjid sekitar. Jum’at, 5 Februari 2021 kemarin, salah satu siswa kelas XII MIPA 3, Ahmadian Daffa Yudhistira telah melaksanakan kegiatan imam dan khutbah Jum’at di masjid Surau Padang Minang Kabau yang terletak di wilayah Kebonsari Surabaya. 

Dalam khutbah singkat yang disampaikan, Daffa, panggilan akrabnya mengulas tentang tema Adab Terhadap Seorang Pemimpin. Lebih lanjut, disampaikan bahwa diantara prinsip ahlusunnah wal jamaah terhadap penguasa, dilakukan diantaranya dengan cara meyakini wajibnya baiat terhadap penguasa, menaati mereka dalam perkara yang makruf, memberi nasihat kepada mereka dengan cara yang baik. tidak mengadakan tindakan penentangan, serta mendoakan mereka dengan kebaikan.

Alhamdulillah, kegiatan Program Pengembangan Siswa ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh perwakilan takmir Surau Padang Minang Kabau, yang mengapresiasi kegiatan Pemberdayaan Siswa di Masyarakat dalam bentuk praktik khutbah jum'at ini. Dalam pengantarnya, perwakilan takmir mengapresiasi kegiatan pemberdayaan di masyarakat ini karena tidak hanya sekedar mengasah kompetensi dan pengetahuan tentang agama semata, namun juga memberikan kesempatan untuk menambah jam terbang sekaligus mental para siswa dalam berkomunikasi/menyampaikan dakwah dan berinteraksi di masyarakat. Ditambahkan pula, bahwa perubahan zaman sekarang ini, mau tidak mau menuntut generasi muslim milenial untuk berkiprah lebih masif lagi dalam berdakwah di era digital modern seperti sekarang dengan tantangan teknologi yang semakin maju dan berkembang. 

Beliau berpesan agar kegiatan dakwah ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan agar nantinya generasi muda muslim bisa menjadi pemimpin yang kuat secara akidah dan akhlak sesuai dengan syariat Islam.

Aamiin Ya Robbal Aalamiin.....