Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

Membentuk Pribadi Qur'ani

Pengarang : Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, Peresensi : Ustadz Abu Said Qhodri, M.Pd.

Membentuk Pribadi Qur'ani

Anak yang berkualitas, yang dalam terminologi ajaran Islam disebut saleh, merupakan dambaan dan harapan orang tua. Di dalam Al-Qur’an banyak dikisahkan betapa banyak Nabi dan Rosul Allah selalu mendmbakan dan memohon kepada Allah SWT. Agar dikaruniai anak dan keturunan yang saleh. Nabi Zakaria mengharapkan agar dikaruniai anak keturunan yang diridhai Allah (QS. Maryam : 4 – 6), Nabi Ibrahim dan Ismail mendambakan memiliki keturunan yang ummah muslimah atau mau melaksanakan ajaran Islam dengan baik (QS. Al-Baqarah : 128). 

Adapun ciri utama anak salih yang berkualitas adalah (1) memiliki aqidah salimah atau keimanan yang kuat dan benar terhadap Allah SWT sehingga ia mampu bersyukur dan beribadah kepada-Nya yang tertuang dalam surat Luqman ayat 12-13. (2) memiliki akhlaqul karimah atau akhlak yang mulia, tercermin dalam perilaku seperti jujur, amanah, menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, serta menghargai sesame (QS. Luqman : 14, 18, dan 19). (3) memiliki kecintaan kepada ilmu pengetahuan, yang tercermin dari rasa ingin tahunya yang tinggi, gemar membaca, dan mencintai orang-orang yang mencintai ilmu pengetahuan. 

Adapun manfaat memiliki anak yang salih dan berkualitas, disamping untuk keluarga juga untuk masyarakat secara luas. Disamping untuk kehidupan di dunia, juga untuk di akhirat kelak. Rasulullah SAW menegaskan dalam salah satu haditsnya, “Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta anak solih yang mendoakan orang tuanya. 

Semoga putra-putri kita dijadikan putra-putri yang solih dan solihah yang bisa mengantarkan kedua orang tuanya dalam Surganya Allah SWT kelak di akhirat ….aamiin ya robb