Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

Guru yang Berhati Guru

Pengarang : Drs. Najib Sulhan, M.A. Peresensi : Ustadz Ansari Setyo Prabowo, S.Psi.

Guru yang Berhati Guru

Masa depan sebuah bangsa tidak lepas dari peran pendidikan. Langkah nyata dalam menyiapkan generasi esok hari salah satunya dengan jalur pendidikan. Dari pendidikan yang berkualitas maka akan melahirkan generasi yang unggul. Bicara kualitas pendidikan maka tidak bisa lepas dari kualitas guru. Untuk itu konsentrasi peningkatan sumber daya manusia, terutama guru menjadi persoalan yang sangat penting dalam membangun sebuah bangsa. 

Buku yang berjudul Guru yang Berhati Guru ini hadir untuk memotivasi insan pendidik dalam menjalankan perannya. Bahwa menjadi guru adalah profesi yang mulia dan dimuliakan Allah. Guru berpeluang besar untuk senantiasa menebarkan kebaikan. Guru pula yang berkesempatan menjadi golongan yang beruntung karena mengajarkan kebaikan yang nantinya akan menjadi investasi abadi di akhirat. Sedekah jariyah berupa ilmu yang bermanfaat akan terus mengalirkan pahala untuk pendidik.

Begitu mulianya seorang guru, maka minimal ada dua hal yang perlu dimiliki dalam menjalankan profesi sebagai seorang guru. Yang pertama Al Qowiyyun, atau memiliki kompetensi, dan yang kedua Al Amin, atau memiliki integritas. Terkait kompetensi, guru dituntut untuk terus belajar mengembangkan kemampuannya menyesuiakan perubahan zaman. Tantangan bagi seorang guru, mau tidak mau ia harus berhadapan dengan zaman yang selalu berubah. Untuk itu pendidik tidak boleh berhenti belajar mengembangkan potensinya dalam mengantarkan siswa meraih masa depan. Hal kedua yang perlu dimiliki seorang guru adalah sikap Al Amin. Sikap ini mengingatkan kita pada sosok Rosul yang dijuluki dengan julukan Al Amin, artinya orang yang amanah dan dapat dipercaya atau dalam istilah sekarang kita sebut dengan integritas. 

Apabila dua hal ini sudah dimiliki oleh seorang guru, maka ia berada pada posisi yang sangat mulia. Segala aktivitasnya akan senantiasa dalam kebaikan dan bernilai kemuliaan. Dengan segala kemuliaan tugas dan perannya, sungguh beruntunglah menjadi seorang guru. Semoga kita yang memilih profesi guru bisa menjadi guru yang berhati guru. Aamiin