Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

Berubah atau Punah

Pengarang : FX Afat Adianata dan Kevin Wu, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Peresensi : Dwi Endah Sriwahyuni, M.Pd.

Berubah atau Punah

Tidak ada di dunia ini yang tidak berubah. Perubahan selalu terjadi, pertanyaanya “bagaimana kita menyikapi perubahan tersebut? Apakah kita hanya berdiam diri atau beradaptasi dengan perubahan itu atau kita yang akan membuat perubahan itu. Dalam menghadapi perubahan setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda. Ada yang melihat perubahan itu sebagai peluang kemudian melakukan tindakan yang diperlukan untuk menjadi lebih baik. Ada pula yang melihat perubahan sebagai tantangan sehingga harus melakukan tindakan untuk bertahan atau mencapai hasil yang dicita-citakan.

FX Afat Adinata dan Kevin Wu membuat gambaran tentang bagaimana kondisi setiap individu dalam menghadapi perubahan dengan sumbu vertical dan horizontal yang membagi menjadi empat ZONA. Sumbu horizontal menunjukkan level “bara api” atau motivasi atau semangat sedangkan sumbu vertical menunjukkan level “prestasi” atau kesuksesan yang diraih. 

Sumbu horizontal mencerminkan kemauan untuk berubah. Semakin ke kanan menunjukkan semakin tinggi kemauan atau motivasinya dan sebaliknya. Sedangkan sumbu vertical mencerminkan hasil dari upaya yang dilakukan. Semakin tinggi menunjukkan semakin besar prestasi atau hasil yang dicapai dan sebaliknya. 

Keempat zona tersebut adalah zona warm, frozen, burnout dan on fire. Karakteristik setiap zona berbeda-beda. Meskipun karakteristik setiap zona berbeda, secara umum orang pernah berada di semua zona tersebut dan dalam jangka waktu yang panjang cenderung dominan di salah satu zona. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang yaitu; Berada di zona manakah kita saat ini? dan Perlukah kita berubah dari suatu zona?

WARM disebut juga dengan zona nyaman,yaitu ketika sumbu horizontal negatif dan vertical positif. Zona ini paling banyak diinginkan oleh banyak orang, kenapa? Karena ciri dari orang yang ada di zona nyaman adalah ketika usaha yang dilakukan biasa saja atau kurang tetapi hasil yang diperoleh sesuai harapan. Tetapi jika terus berada di zona nyaman dan tidak melakukan perubahan maka kita akan tergelincir ke zona FROZEN.

FROZEN atau zona tak berdaya, yaitu ketika sumbu horizontal negatif dan sumbu vertikal negatif. Ciri dari zona ini yaitu ketika semangat atau motivasi dan preatasi sama-sama rendah. Zona ini tidak diinginkan oleh siapapun, namun ada kemungkinan kita masuk zona ini. Jika di zona ini kita tidak segera berubah meningkatkan daya juang maka kita akan punah atau tidak berhasil. Orang yang ada di zona ini akan menjalani kehidupan yang tidak menyenagkan dan frustasi. Ketika kita berada di zona frozen dan mau berusaha dan memotivasi diri untuk berusaha maka kita berpindah ke zona BURNOUT.

BURNOUT atau zona usang, yaitu ketika sumbu horizontal positif dengan vertical negative. Zona ini merupakan zona yang penuh perjuangan, dimana ketika sudah berjuang tetapi hasil atau prestasi tidak sesuai dengan harapan. Orang yang berada di zona ini sebenarnya memiliki daya juang yang tinggi, tetapi meskipun berusaha hasil yang dicapai tidak maksimal. Orang yang berada di zona ini akan terus berjuang dari setiap kegagalan, jika menyerah maka akan tergelincir ke zona frozen sedangkan jika terus berjuang maka akan berpindah ke zona ON FIRE.

ON FIRE atau zona sang juara, yaitu ketika sumbu horizontal positif dengan vertical positif. Zona ini diidamkan oleh semua orang, zona ini diisi oleh mereka yang mencapai cita-cita dan target yang diharapkan seiring dengan usaha dan upaya yang dilakukan. Orang yang berada di zona on fire adalah orang-orang yang yang memiliki semangat tinggi, terus mencoba dan tidak menyerah terhadap hambatan yang dihadapi untuk mencapai tujuan. Orang yang ada di zona on fire bisa menjadi change marker atau change adapter.

Berada di zona manakah kita? Apakah perlu kita berubah atau pindah zona? Jawaban nya ada pada diri kita sendiri. Apakah kita memilih untuk berubah atau punah?