Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

Bermanfaat dengan Syafaat

Program Pemberdayaan Siswa di Masyarakat oleh SMA Al Hikmah Surabaya

Bermanfaat dengan Syafaat

Siswa SMA AL Hikmah Surabaya dibentuk guna menjadi pribadi dan muslim yang kaffah. Mereka ditempa dengan bekal berupa pembinaan ibadah dan akhlak. Selain itu juga pembiasaan untuk memiliki kesadaran diri dalam beribadah melalui program rutin dan program periodik. Salah satu program periodik untuk siswa adalah menjadi khotib dan imam sholat jumat di lingkungan masyarakat. Program ini tak lain bertujuan untuk memberdayakan siswa untuk menjadi bagian penting dari proses dakwah di masyarakat dengan harapan mampu mewarnai generasi muda muslim dengan kebaikan.

Menjadi insan yang bermanfaat dalam menebar syafaat, utamanya kebaikan-kebaikan dalam ajaran Islam senantiasa menjadi landasan dalam jalan dakwah. Berbekal perencanaan dan penyiapan yang cukup, serta pendampingan dari guru PAI, Program Pemberdayaan Siswa di lingkungan masyarakat berupa khotib dan imam sholat Jum’at senantiasa terus diistiqomahkan. siswa yang akan tampil untuk berdakwah di masyarakat dalam bentuk khutbah jum’at ini harus melalui serangkaian tashih, hingga diuji langsung oleh pimpinan sekolah.

Jum’at, 8 Januari 2020, salah satu siswa SMA Al Hikmah Surabaya, yaitu M. Ramadhani Wahyudi dari kelas XII MIPA 1 akan menjadi khotib sekaligus imam sholat Jum’at di Masjid Al Huda Perum Harapan Baru, Kelurahan Sawotratap, Gedangan Sidoarjo. Dalam intisari khutbah yang disampaikan oleh ananda, yaitu mengkaji surat Ibrahim ayat 7, Allah SWT menegaskan bahwa jika kita bersyukur, maka pasti akan ditambah nikmatnya oleh Allah. Dan jika kita kufur kepada Allah, maka Adzab Allah sangatlah keras. Dan diantara tanda – tanda orang yang bersyukur ialah selalu terdapat kesabaran pada dirinya, karena sejatinya Sabar adalah Wujud Syukur.

Lebih lanjut, dijabarkan tentang 3 perkara yang menjadi ciri orang yang sabar, yaitu pertama, orang ahli sabar selalu mengingat bahwa kita adalah milik Allah, dan hanya kepada Allah kita semua akan kembali. Perkara yang kedua, orang ahli sabar selalu berusaha menahan amarah, dan melapangkan maaf untuk orang lain, serta perkara yang ketiga, orang ahli sabar selalu mengambil hikmah di setiap kejadian yang ia alami, baik itu kebahagiaan, maupun kemalangan. Semoga kita senantiasa digolongkan dalam golongan orang ahli sabar dan ahli syukur, serta dijauhkan dari siksa api neraka.

Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh bapak Drs. Mintarso selaku takmir Masjid Al Huda, Perum Harapan Baru, Kelurahan Sawotratap, Gedangan-Sidoarjo yang mengapresiasi kegiatan Pemberdayaan Siswa di Masyarakat dalam bentuk praktik khutbah jum'at ini. Beliau berpesan agar kegiatan dakwah ini terus diistiqomahkan supaya kebaikan-kebaikan yang disampaikan kepada masyarakat bisa terus eksis dan tersebar di wilayah-wilayah lain.

Semoga kegiatan ini mampu menjadi ladang dakwah sekaligus pahala bagi kita semuanya. Aamiin Ya Robb.....