Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

7 Habits of Highly Effective People

Pengarang : Stephen Covey, Penerbit : Bina Rupa Aksara, Peresensi : Nugroho Wahyu Putra, S.Pd

7 Habits of Highly Effective People

Menurut Stephen Covey kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang, oleh karena itu keberhasilan bukanlah merupakan suatu perbuatan, tetapi merupakan suatu kebiasaan.

Buku karya Stephen Covey ini adalah buku yang menekankan pada ketulusan, bukan perilaku instant yang dibuat-buat tanpa motivasi yang tulus.. Ketujuh kebiasaan tersebut adalah:

 

1. Proaktif

Kemampuan memilih respon sesuai dengan nilai-nilai yang dianut disebut proaktif. Sedang sikap reaktif adalah respon yang didasarkan pada perasaan, keadaan atau suasana hati.

 

2. Memulai dari Tujuan Akhir

Merumuskan apa yang sebenarnya menjadi tujuan kita. Menuliskan visi kita, kemudian baru menentukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan. Menyelaraskan kegiatan sehari-hari kita dengan tujuan yang telah kita tentukan tersebut.

 

3. Dahulukan yang Utama

Menjadwalkan dan mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang penting atas pekerjaan yang kurang penting. Ada 4 kuadran waktu, yaitu kuadran :

a) Hal yang penting dan mendesak

b) Hal yang penting dan tidak mendesak.

c) Hal yang mendesak tetapi tidak penting.

d) Hal yang tidak mendesak dan tidak penting.

 

4. Berpikir Win-win Solution

Win-win solution maksudnya berpikir untuk keuntungan kita dan keuntungan orang yang berurusan dengan kita. Jadi kita tidak memandang dari sudut kepentingan kita saja, tetapi juga dari sudut kepentingan orang lain.

 

5. Berusaha Mengerti Terlebih Dahulu

Berusaha mengerti terlebih dahulu kemauan orang lain, baru kemudian berusaha dimengerti orang lain. Berusaha melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, dari kacamata orang lain. Prinsipnya adalah kemampuan untuk sungguh-sungguh mendengarkan perasaan orang lain.

 

6. Mewujudkan Sinergi

Sinergi adalah 1 + 1 = 5. Mencari pendapat ketiga, dari dua pendapat yang berbeda. 

 

7. Evaluasi

Ada saatnya manusia perlu berhenti sejenak untuk instropeksi, belajar, berlatih, evaluasi, penyegaran, mengambil jarak dari lingkungan untuk mengisi baterainya kembali.