Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

34 Karakter Mulia Yang Menggugah Dunia

Pengarang : John Mccain and Mark Salter, Peresensi : U. Deni Megawati, S.Si., M.Pd

34 Karakter Mulia Yang Menggugah Dunia

Buku 34 Karakter Mulia yang menggugah dunia ini terinspirasi dari kisah nyata orang-orang yang mempunyai karakter mulia yang patut diteladani. Mulai dari karakter lingkup kehormatan, tujuan, kekuatan, pengertian, penilaian, kreativitas dan Cinta.

Salah satu karakter yang terdapat dalam buku tersebut adakah karakter Kerjasama yang terinspirasi dari kisah John Wooden, seorang pelatih basket Amerika. Rekornya untuk memenangkan Kejuaraan NCAA 10 kali yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karena itu, ia dianggap sebagai salah satu legenda sejarah pembinaan dengan kepemimpinan yang luar biasa dengan kemampuan pembinaannya.

John Wooden yang lahir pada 14 Oktober 1910 di Indiana. Selama masa mudanya, dia memiliki banyak pengaruh dan kemudian terkenal di tim basket dan itu mempengaruhi keputusannya untuk masuk ke dunia basket. Ketika ia berusia 14 tahun, dia memimpin SMA-nya ke putaran final kejuaraan negara bagian selama 3 tahun berturut-turut, dilanjutkan saat di universitas dan Ketika lulus lulus melanjutkan melatih di Sekolah Tinggi Dayton dan rekornya selama 11 tahun pembinaan adalah 218 menang dengan hanya 42 kekalahan. Dia kemudian melatih tim basket Indiana State University 1946-1948. Kemudian dia melanjutkan ke UCLA sebagai pelatih kepala basket dan memenangkan 664 pertandingan dalam 27 musim, dengan permainan 88 beruntun tak terkalahkan

Pelajaran Kepemimpinan John Wooden lebih banyak berasal wejangan yang diwariskan oleh ayahnya, yang memandu Wooden melalui hidupnya dan membuatnya menjadi sukses seperti sekarang ini. Saat kecil rumahnya tak mempunyai air ledeng dan listrik. Namun keterbatasan tersebut bukanlah kehidupan yang menyedihkan. Orangtua Wooden dengan 4 anaknya sangat bijaksana dan mengajari anak-anaknya melalui instruksi dan keteladanan. Beberapa hal yang diteladankan adalah

  1. Jujur pada diri sendiri. Jangan menghabiskan hidup Anda untuk mencoba menjadi orang lain. Tapi jujur pada siapa Anda, harapan, impian dan kekhawatiran Anda.

  2. Buatlah karya Anda setiap hari. Berikan yang terbaik dalam setiap hal yang Anda lakukan.

  3. Membantu orang lain. Berikan kembali, karena Anda telah menerima banyak juga.

  4. Serap secara mendalam dari buku-buku yang baik. Belajar harus menjadi proses seumur hidup, dan membaca dari buku-buku yang baik.

  5. Membuat persahabatan sebagai seni. Teman adalah penting dalam perjalanan Anda menuju sukses.

  6. Selalu mempunyai rencana cadangan, karena hal-hal hampir tidak pernah berjalan sesuai rencana utama.

  7. Berdoalah untuk bimbingan dan bersyukur atas berkat-Mu setiap hari. Hidup dengan hati yang bersyukur kepada Allah.

 

Dalam melatih basket, dia selalu mengingatkan timnya bahwa

Basket adalah permainan tim. Ini akan menjadi permainan yang indah jika dimainkan sebagai sebuah tim. Baginya, tidaklah indah jika satu orang menyiasati satu orang yang lainnya dan menembakkan bola dengan bergaya. Mungkin seperti itu yang dilihat dan akan dipuji penggemar, tetapi tidak bagi wooden

Setiap orang mempunyai peran dan setiap peran adalah penting. Jalankan peranmu. Jadilah yang terbaik sesuai peranmu, jangan berusaha menjadi lebih baik dari yang lain.