Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami 031-8289097

10 Muslimah Kesayangan Rasulullah

Nama Pengarang : Sumarti M. Thahir, Penerbit : PT CITA PUTRA BANGSA, Peresensi : Adi Rahayu Hendra Kusuma, S.Pd

10 Muslimah Kesayangan Rasulullah

Sumaiyah Binti Khaiyat (Mujahidah Pertama)

 

Diawal saya kebingungan ingin membaca buku tentang apa, tapi seketika teman dari ruang kelas sebelah tetiba menyodorkan sebuah buku dengan juadul “10 Muslimah Kesayangan Rasulullah” seketika saya tertarik dengan buku tersebut.

Dari buku ini penulis menyampaikan niat menulis buku ini dikarenakan penulis merasa bahwa selama ini ada 2 senjata yang dipropagandakan oknum-oknum tertentu untuk menyudutkan umat islam. Pertama terkait kehidupan Rasulullah dengan istri-istrinya yang lebih dari satu dan yang kedua ketertinggalan kaum wanita. Penulis juga berharap melalui buku ini para pembaca memperoleh gambaran betapa wanita sejak zaman Nabi mendapatkan kedudukan terhormat.

 

                        Disini saya ingin menceritakan tentang salah satu sosok muslimah yang diceritakan dibuku ini yaitu Sumaiyah Binti Khaiyat (Mujahidah Pertama).

Dikisahkan Sumaiyah adalah seorang hambah sahaya (Budak) yang bekerja dengan kesabaran dan ketekunannya, ia bekerja pada Abu Hudzalifah. Sumaiyah adalah wanita yang tidak mau menyembah berhala. Dia mengikuti agama Ibrahim yang lurus. Atas Budi pekerti yang baik membuat Abu Hudzalifah menikahkan Sumaiyah dengan saudara angkatnya bernama Yasir seorang pria dari Yaman. Sebagai gantinya Sumaiyah dimerdekakan. Sumaiyah dan Yasir tetap tinggal dikeluarga Huzdalifah . Sumaiyah dan Yasir sama-sama mengikuti agama Ibrahim.

                        Yasir berkata pada Sumaiyah, jika ia mendengar kabar bahwa tidak lama lagi akan datang seorang Nabi dari bangsa Quraisy. Yasir dan Sumaiyah dikaruniai anak laki-laki yang tampan. Mereka memberi nama Ammar. Suatu hari Ammar memdapat kabar bahwa Muhammad al-Amin menyatakan dirinya sebagai Rasul Allah. Dia senang sekali, Ammar segera memberi tahu kepada Ayah dan Ibunya. Dengan bersembunyi-sembunyi mereka menemui Muhammad Saw. “Wai Muhammad, kami sekeluarga mengikuti agamamu," kata Yasir. “Baiklah Engkaulah keluarga pertama yang memeluk agama islam," Kata Muahammad Saw.

Kabar tentang keislaman Sumaiyah dan keluarga akhirnya diketahui Hudzalifah. Hudzalifah marah, dan menganggap Sumaiyah tidak tahu terimakasih. Hudzalifah mengancam akan menyiksa keluarga Sumaiyah dan keluarga jika tidak mau meninggalkan agama Muhammad. Kami tidak takut kata,”kata Sumaiyah”. Mereka lalu membawa dan mengikat Sumaiyah dan keluarga ditengah padang pasir yang pada saat itu dalam keadaan sangat terik. Tak cukup disitu, mereka juga meletakakn batu besar dan panas diatas dada Sumaiyah. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Sumaiyah dan keluarga mau meninggalan ajaran Muhammad. Bahkan Hudzalifah mengancam anak membunuh mereka jika tidak mau meninggalkan kepercayan mereka. “Tidak kami tidak takut mati. Aku hanya takut pada Allah Tuhan Muhammad.” kata Sumaiyah.

Berhari-hari siksaan yang didapat oleh keluarga Sumaiyah semakin berat. Suatu hari Rasulullah Saw., lewat didepan penyiksaan itu. Beliau berhenti dan mengangkat tangannya serta berdoa “Bersabarlah, keluarga Yasir. Sesunggunya balasan kalian adalah Surga”. Ucapan Rasulullah menyejukkan hati Suamiyah, Yasir dan Ammar. Mereka semakin tegar menghadapi siksaan. Akhirnya Sumaiyah gugur ditangan Abu Jahal dalam keadaan mempertahankan islam. Dialah wanita pertama yang meninggal dalam mempertahankan islam. Insyaallah namanya akan tertulis dalam tinta emas dalam sejarh islam.

Semoga kisah diatas dapat menjadi pengingat dan motivasi untuk kita semua, Hikmah yang bisa kita ambil adalah  “Sabarlahlah dalam setiap ujian atau cobaan insyaallah ada hikmah dibalik itu semua”. Serta apa yang kita miliki di dunia ini hanya titipan tidak akan kita bawah kelak ketika kita dipanggil Allah, tapi apa saja yang sudah kita buat itulah yang kelak akan kita bawah sebagai amal baik yang sudah kita lakukan. 

Terimakasih Semoga Bermanfaat.